Cerita (Sakit) Kepala

Cerita (Sakit) Kepala

Cerita (Sakit) Kepala Sebelah Kanan 

 

Obat warung sekarang khasiatnya tidak senendang beberapa waktu lalu ya? Buktinya sudah minum obat sakit kepala dua jam lalu, ini cekat-cekot dalam kepala sebelah kanan kok ya masih ada terasa. Nyut-nyut gerhhh! Sangat tidak enak.

 

Sakit kepala kerap saya rasakan akhir-akhir ini. Eh dari dulu juga suka sakit kepala sih, tapi gak seperti sekarang ini. Dua hari terakhir ini terasa sakit di kepala sebelah kanan, bisa sebentar, bisa lama. Sudah minum obat yang biasa saya konsumsi kalau kena sakit kepala, tapi belum sembuh juga.

Denyutan nyeri di dalam kepala semakin meraja. Kadang saya hanya nyengir saja, mencoba mengajaknya berdamai. Atau mencoba menekan dengan tangan di bagian kepala yang terasa sakit. Lumayan sedikit mengurangi nyut-nyutannya. Meski sama sekali tidak bisa menyembuhkan.

Sakit kepala sering dianggap penyakit yang biasa pulang dan pergi. Ini sakit kepala sebelah kanan belum tahu apa yang jadi penyebabnya. Toh dulu-dulu juga pernah ke dokter cuma dikasih obat biasa. Obat untuk menangani depresi, gangguan tidur dan kecemasan, menangani tekanan darah tinggi dan mencegah migrain berulang, obat-obatan anti-kejang untuk mencegah sakit kepala kronis, dan atau kalau tegang otot di sekitar leher baru disuntik. Katanya itu kalau tidak dapat diatasi dengan obat-obatan.

Tapi kalau sudah minum obat keukeuh tetap masih sakit, terus gimana?

Perlu diagnosis lebih lanjut untuk menemukan penyebab dari sakit kepala sebelah kanan tersebut kali ya?

Iseng browsing sambil nunggu anak makan, iya sih katanya sakit kepala sebelah kanan bisa terjadi karena penyebab ringan dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Tapi kalau sakit kepala sebelah kanan dirasakan terus dan berulang kali, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengantisipasi potensi penyakit serius. ((Serius?))

 

Tips Mencegah Sakit Kepala (Sebelah Kanan)

Nah karena dengar kata ((serius)) itu,  segera deh saya cari lanjutannya hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit kepala sebelah kanan ini. Dan menemukan beberapa point ini:

 

Hindari hal-hal yang diduga menjadi penyebab sakit kepala

Caranya catat kapan mulai merasakan sakit kepala. Apakah saat setelah minum kopi? Atau setelah bepergian? Jika iya coba kurangi atau hindari kopi. Lah saya emang tidak pernah minum kopi. Pernah minum maksa, langsung masuk UGD alias nambru beberapa Minggu. Kapok deh. Pun saya tidak bepergian jauh setelah suami kecelakaan dan patah tangan. Paling jauh ke pasar.

 

Biasakan istirahat cukup

Durasi tidur yang cukup adalah 7-8 jam dalam semalam, dan usahakan untuk tidur pada waktu yang teratur. Nah kalau ini saya siap disetrap (dihukum). Saya memang sering begadang. Maksudnya susah tidur dan mengisi waktu menunggu ngantuk datang dengan menulis, nonton dan atau sekadar me time main game. Jadi bisa jadi inikah penyebabnya?

 

Cukup minum air

Jangan sampai kurang minum. Dehidrasi dapat memicu sakit kepala. Lah saya mah minum normal-normal saja. Jangankan musim hujan seperti sekarang berlimpah air. Musim kemarau saja persediaan air buat minum pasti tetap nomor satu.

 

Makan teratur, tidak terlambat, tidak terlalu banyak

Pengen tertawa tapi tidak ada teman. Tapi soal makan meski memang gak terlalu teratur tapi saya tidak pernah ngambil banyak-banyak. Sungguh!

Saya yakin berat badan gak berlebihan. Jadi bukan berarti pola makan saya tidak bagus. Kekurangan makan juga enggak, toh meski puasa saat berbuka berusaha mengonsumsi makanan yang bernutrisi cukup untuk mengganti kekurangan di siang harinya.

 

Olahraga teratur

Nah ini saya siap disetrap juga. Meski jalan kaki dan naik turun tangga rutin dilakukan setiap hari secara di rumah ini nyuci di bawah sementara jemur di loteng, tapi kalau yang namanya olahraga beneran susah juga. Emang olahraga beneran itu kaya gimana ya? Apa harus terdaftar jadi member di pusat kebugaran? Harus punya seragam senam mungkin?

Kalau dengan olahraga teratur dinilai dapat meredakan stres penyebab sakit kepala dan membuat tubuh lebih bugar baiknya secara spesifik diinfokeun ya, olahraga apa yang bisa meredakan sakit kepala ini.

 

Selalu berpikir positif dan terorganisir

Hal ini akan membantu membuat hidup lebih bebas dari stres. Oh pasti. Perasaan saya selalu positif thinking deh sama orang lain, atau kejadian apapun yang menimpa saya dan keluarga. Meski ya kadang timbul rasa kesal. Atau marah sesaat. Tapi kalau udah terlampiaskan, saya tidak pernah nyimpen unek-unek sekian lama sehingga kata pak Ustadz tea mah itu bisa jadi penyakit hati. Hiiyy… Nauzubillah…

 

Hindari sering konsumsi obat bebas

Nah ini obat warung yang saya maksud tadi kali ya? Obat tanpa resep dokter yang bisa didapatkan di apotek, tetap memiliki risiko jika dikonsumsi berlebihan.

Konsumsi obat lebih dari dua kali sepekan dapat meningkatkan risiko mengalami sakit kepala sebelah. Dari dulu kalau sakit kepala minum obat itu langsung sembuh. Kenapa sekarang enggak? Kenapa enggak dari dulu? Btw saya nanya ke siapa ya?

 

Eh! Giliran draft tulisan semalam ini siap publish pagi ini, eh sakit kepalanya beneran sudah hilang nih. Padahal tadi bangun tidur masih terasa. Tunggu deh beberapa saat dulu apakah sakitnya terasa lagi?

 

23 thoughts on “Cerita (Sakit) Kepala

  1. Ahh syukurlah, saya udah berhenti konsumsi obat warung bertahun-tahun silam.

    Kalau sakit kepala, andalan saya oles minyak-minyakan aromaterapi di pelipis, tengkuk dan sedikit di hidung.
    Tambah istirahat, tidur dan makan yang cukup. Alhamdulillaah.. Waras 😁

  2. Terlalu sering mengonsumsi obat juga bisa mengakibatkan resisten terhadap obat sehingga obat tersebut tidak berefek lagi buat kita. Makanya kadang2 ada orang yang sakit ketika minum obat, juga nggak sembuh2.
    Ada baiknya seperti tips yang mba bilang yaitu dengan cara mengendalikan diri kita untuk melakukan hal2 yang seperti dijelaskan. Sepertinya itu lebih baik daripada terus2an mengkonsumsi obat ketika sakit.

  3. Hi, Mbak. Kalau aku, beneran nggak suka minum obat. Selain meminimalkan obat-obat berbahan kimia, aslinya aku tuh malesss karena obat itu pahit. Iya, ini alasan utamanya, wkwkwk …

    Saat sakit kepala, aku menahan diri dari minum obat. Pertama, banyakin minum air putih karena siapa tahu saat itu otak kita kekurangan oksigen. Kedua, coba cek makanan yang kita konsumsi. Berpotensi menimbulkan perih atau nyeri nggak di lambung. Jangan-jangan sakit kepala karena asam lambung naik. Ketiga, cek mata, ada gangguan penglihatan nggak. Siapa tahu ada minus atau silinder gitu, kan? Keempat, aku suka suwoeng gitu. Semacam apa, ya? Relaksasi? Duduk bersila sambil memejamkan mata, mengingat semua hal yang bikin kita senang dan masalah yang tengah dihadapi, tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan.

    Kadang nih ya, aku tuh sakit kepala bukan kenapa-kenapa. Tapi karena nggak punya duit sih, wkwkkw …

    Sehat-sehat terus, yaaa …

  4. Sakit kepala ini mungkin lazim disebut migrain, ya? Karena saya termasuk yang kerap sekali terkena sakit kepala sebelah jika kecapekan, kurang tidur dan juga saat mendekati siklus. Meskipun, alhamdulillah akhir-akhir ini sudah berkurang semenjak menghindari tidur lebih dari jam 12 malam. Plus, banyak minum dan makan sayur sehingga pas siklus tetap aman.

    Kalau sudah ga tahan akhirnya saya nyerah pada Neuralgin.

  5. Ada yang bilang penyebab sakit kepala adalah aliran oksigen yang tidak lancar .

    Obatnya ya olah raga di pagi hari dan bener, sejak jalan kaki keliling kompleks sejam tiap hari, sakit kepala saya mereda

  6. Ada yang bilang penyebab sakit kepala adalah aliran oksigen yang tidak lancar .

    Obatnya ya olah raga di pagi hari dan bener, sejak jalan kaki keliling kompleks sejam tiap hari, sakit kepala saya mereda

    Lumayan, ngga tergantung obat pisan

  7. Untuk olahraga secara teratur aku juga boleh ikutan disetrap bareng Teh Okti hahaha… sudah tahu kalau olahraga itu banyak banget manfaatnya, tapi malesnya untuk memulai itu lho… ada satu alasan yang sering aku pakai : tiap hari selalu berkeringat dan bercucuran pula dengan pekerjaan di rumah. Padahal itu beda kan ya dengan olahraga

  8. Sakit kepala sebelah atau bisa disebut dengan migrain ya mbak, aku sering banget mengalaminya apalagi saat masa PMS atau setelah haid, katanya perubahan hormonal. Di luar itu migrain saya sering kambuh karena badan di forsir berlebih alias kecapekan, dan penyebab lainnya sampai2 berlangsung seminggu nonstop sampai muntah2 karena saking sakitnya yg dikira vertigo adalah penyebabnya berasal dari lambung.. ya, ternyata maag dan setelah rutin mengonsumsi obat maag generik dari dokter ajaibnya sakit kepala sebelah saya hilang begitu aja tanpa mengonsumsi obat migrain. Tp benar point2 diatas, kita perlu banget jaga pola tidur, aktivitas, makan dan olah raga agar fisik kita stabil 😊 semoga sakit kepalanya ga muncul lagi ya mbak.. sehat terus 🤗❤️

  9. Klo lagi stres dan banyak kerjaan aku tu sering bgt migran…

    Baca ini makin membuatku yakin untuk menerapkan gaya hidup sehat, mulai dgn olahraga teratur..
    Makasih ya sudah di ingatkan

  10. Aku kalau sakit kepala sebelah ini suka muncul kalau habis begadang. Yah mau gimana lagi kalau ada deadline dadakan. Kalau sakit kepala biasanya tak buat tidur saja. Bangun sudah hilang sakitnya. Nggak pernah minum obat kalau nggak terpaksa banget. Nggak suka minum obat. Biasanya diobati pakai herbal dulu kalau nggak mempan baru lari ke dokter hehe. Bandel saya nih ya.

  11. Kalau saya pribadi biasanya mengalami sakit kepala sebelah gtu kalau tidur malamnya kurang berkualitas gtu mbak, jd deh bangun2 udah sakit aja. Khususnya di area dekat alis. Iya kudu diperbaiki pola istirahatnya.

  12. Aduh mbak, ku juga paling males kalau udah sakit kepala tu. Dan emang biasanya sakit kepala tu hampir tiap hari krena aku rhinitis. Jdi sakit kepala plus plus jadinya. Migrain jga kdang kanan kadang kiri. Emang harusnya istirahat cukup dan yg paling penting terus jaga pikiran biar ga banyak yang nyumpel ya mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *