Kue Kering Khas Ramadhan

Kue Kering Khas Ramadhan

Kue Kering Khas Ramadhan

Berkah Ramadhan terasa untuk semua orang, mulai dari anak-anak yang akan mendapatkan baju baru dan angpao pada lebaran dari saudara dan orang tuanya, para orang tua akan segera melepas rindu dengan anak-anaknya yang merantau bekerja jauh dari rumah, orang-orang yang kurang beruntung juga mendapat banyak berkah dari para dermawan yang berbondong-bondong bersedekah pada bulan yang sama, serta para pedagang yang panen untung dengan beragam dagangan yang laris manis terjual.

Gaya konsumsi masyarakat akan meningkat drastis pada bulan Ramadhan. Mulai dari belanja makanan sehari-hari yang lebih beragam dari pada menu sehari-hari pada bulan biasa, belum lagi belanja untuk membeli kue-kue kering, sirup untuk menyambut lebaran, masakan yang dihidangkan juga lebih spesial dan juga budaya membeli baju baru yang membuat perputaran uang pada satu bulan ini menjadi sangat cepat dan banyak.

Uang THR yang dberikan perusahaan pun segera beralih tangan entah untuk kegiatan konsumerisme atau untuk disedekahkan dalam bentuk zakat, infaq, angpao dan sebagainya…?

Berbicara mengenai berkah bulan Ramadhan  tak lengkap jika tidak mengaitkan pada hari besar setelah satu bulan penuh berpuasa, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Menyambut kari kemenangan tersebut banyak persiapan yang dilakukan seperti yang telah disebutkan sebelumnya seperti membeli kue kering, baju baru, mempercantk rumah dan sebagainya.

Terdapat beragam jenis kue kering yang kerap kali ditemui dalam setiap rumah ketika berkunjung ke sanak saudara atau tetangga. Menurut hasil survey ala-ala yang saya lakukan, dengan mengamati jika bertamu untuk silaturahmi ke rumah orang, setidaknya ada 7 jenis kue kering yang menjadi ciri khas kue kering pada saat lebaran tiba.

Berikut adalah jajaran kue kering khas Lebaran tersebut:

1. Kue Nastar

Siapa sih yang tidak mengenal nastar? Kue kering lembut berisi selai nanas ini menjadi kue kering yang paling sering ditemui terhidang di meja tamu. Kue ini selain dijual dalam kemasan, juga dijual kiloan. Tentu jika kita membeli kiloan harganya bisa lebih murah.

Namun biasanya, kualitas kue kiloan memang di bawah kue yang djual dalam kemasan. Kadang bentuknya juga tidak sesempurna kue kering yang dijual dalam kemasan.

Kue nastar umumnya berbentuk bulat kecil yang biasanya dihiasi dengan cengkeh pada bagian atasnya. Sehingga terlihat seperti buah jeruk lengkap dengan tangkainya. Menancapkan cengkeh pada kue ini ternyata juga bermanfaat untuk menambah cita rasa dari nastar tersebut.

2. Kue Kastangel

Posisi kedua, ditempati oleh kue kastengel sebagai kue kering yang paling umum ditemui saat lebaran tiba. Di rumah saya pun biasanya kastangel paling cepat habisnya, hahaha. Rasa gurih dari kastengel ini muncul dari campuran keju parut dalam adonan, bikin anak doyan.

Ketika membuat kastengel di rumah, jangan terlalu banyak mencampurkan gula, karena kue kering ini memiiki rasa asli asin gurih. Nah jika  menggunakan banyak gula maka rasa gurih dari keju tersebut akan hilang, dong.

Kastengel dengan kualitas super memiliki ciri khas lembut dan mudah pecah. Belum sampai digigit sudah pecah dalam mulut. Selain terbuat dari campuran keju parut, untuk mempercantik tampilan, pada bagian atasnya juga di beri tambahan keju parut. Tambahan tersebut menambah tekstur kres ketika pecah di mulut.

Karena teksturnya yang rapuh, jarang sekali kastangel dijual kiloan. Lagi pula kastengel yang enak pasti dijual dalam kemasan kotak.

3. Kue Semprit

Kue satu ini juga menjadi andalan kue lebaran. Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah, biasanya adik ipar yang sering membuat kue ini.

Selama bulan Ramadhan anak-anak mulai menabung kue kering untuk persiapan lebaran. Padahal puasa saja masih bolong-bolong. Dasar anak ya… Aroma yang menggoda itu memang jadi cobaan bagi mereka yang masih baru belajar berpuasa.

Kue semprit terbuat dari tepung terigu protein rendah, kuning telur, margarin, butter dan hiasan dari chocochip, sukade atau selai apa tergantung selera. Kue klasik ini masih diminati hingga saat ini.

Kue semprit juga ada yang dijual secara kiloan. Pilihan tepat jika membeli dalam jumlah besar, yang kemudian dikemas kembali dan bisa dijual lagi, hehehe.

Bentuk umum dari kue semprit ini berbentuk bunga dihasilkan dari cetakan kue kering yang ditekan hingga mengeluarkan adonan menyerupai bunga. Untuk mempercantik tampilan, biasanya ditambahkan chocochip, atau hiasan sesuai selera lainnya.

4. Kue Sagu Keju

Sesuai dengan namanya, kue ini terbuat dari tepung sagu. Bentuknya mirip dengan kue semprit bedanya kue ini terbuat dari tepung sagu. Untuk meningkatkan cita rasa, kita bisa menambahkan keju parut dan parutan kulit jeruk.

Kue sagu juga mirip dengan kastengel yang lumer di mulut. Kering namun ketika sudah masuk di mulut melumer dengan lembut. Warnanya putih tulang tanpa ada hiasan apapun. Berbeda dengan kue semprit yang di beri hiasan putik berupa chocochip, sukade atau hal lain sesuai selera.

Kue sagu keju juga tidak pernah ditemui menggunakan campuran warna lain. Sehinggga warna putih tulang tersebut menjadi ciri khas dari kue ini.

5. Kue Lidah Kucing

Nama kue ini sering kali membuat warga asing yang baru mendengarnya mengernyitkan dahi. Ada sebagian dari mereka yang mengira bahwa kue ini memang menggunakan bagian tubuh dari kucing secara langsung, wah… salah ya.

Kue lidah kucing tidak ada sangkut pautnya dengan kucing. Nama ini diambil karena bentuk dari kue ini begitu tipis diibaratkan seperti lidah kucing yang panjang tipis dan lonjong.

Membuat kue ini adonan dicetak dalam loyang khusus. Rasa dari kue ini manis, kering namun tetap lembut di mulut. Dijamin memakannya tidak membosankan.

6. Kue Putri Salju

Siapa yang tidak megenal kue kering satu ini. Nama salju diambil dari penampakan kue yang tertutup gula halus berwarna putih. Rasanya juga dingin di mulut. Kue keringnya sendiri biasanya terbuat dari tepung dengan tambahan kacang atau menggunakan resep kue kering pada umumnya namun di lumuri oleh taburan gula halus berwarna putih secantik salju.

Bentuk yang khas dari kue ini berbentuk bulan sabit. Rasanya juga sangat khas manis sekaligus dingin dengan sensasi terasa lembut di mulut.

7. Cookies

Jenis kue kering ini mungkin sedikit jarang ditemui di rumah-rumah pedesaan, karena cookies jenis ini memang tidak umum untuk masyarakat desa pada umumnya. Padahal pembuatannya cukup mudah, tidak membutuhkan cetakan khusus hanya membutuhkan sendok dan garpu yang di gunakan untuk memipihkan adonan sehingga lembut digigit.

Untuk menambah cita rasa dan juga untuk hiasan, cookies ini menggunakan tambahan cochochip, corn flakes, choco crunch dan jenis taburan lainnya yang bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan.

Biasanya cookies  yang jadi favorit anak-anak ini memang dijual dalam bentuk kalengan atau kemasan sachet kecil.

 

 

Demikian beberapa jenis kue kering yang saya intip biasa ada di setiap rumah dan diburu pada bulan Ramadhan yang penuh berkah untuk menyambut hari raya sebagai hari kemenangan yang senantiasa ditunggu.

Kalau ingin mudah sih sekarang tidak harus repot-repot buat, kita dapat membeli beragam jenis kue kering melalui ilotte mart terdekat. Lagi banyak promo Ramadhan nya lho! Atau bisa memesan secara online saja, seperti saya. Praktis.

20 thoughts on “Kue Kering Khas Ramadhan

  1. Kue2 lering di atas emang populer banget & hampir di setiap rumah ada salah satu bahkan semua macem kue itu. Soalnya cocok buat segala usia juga. Anak2 suka, para orangtuanya juga suka. Bahkan kakek neneknya pun suka krn gak keras di gigi.

  2. Aku dulu-dulu selalu buat sendiri semenjak punya anak mulai mengurangi aktivitas bikin kue lebaran nih kak karena khawatir kerjaan terbengkalai. Kayaknya tahun ini aku coba belanja di ilotte mart deh

  3. Nastar sama kue cookies ini favoritku sejak kecil. Sampai sekarang pun masih. Selalu jadi kue kering wajib pas Lebaran teh. Btw karena seringkali ga sempat bikin bikin kue, jadinya biasa beli. Mau ah cek cek di ilotte mart

  4. Setiap tahun kue kering wajib ada nih dirumah. Karena sekeluarga suka banget . Biasanya aku pesan sama tetangga tapi tahun ini dia gak bikin . Mungkin aku bisa beli di ilotte mart ya lengkap dan enak pastinya

  5. Kue kering seperti ini memang selalu identik sekali dengan hari raya ya teh. Aku semenjak punya anak bikin kue keringnya gak banyak macamnya, yanh harus bikin sendiri itu buatku adalah kastengel. Sisahnya biasanya beli di langganan yang selalu membuat kue kering setiap tahunnya.

  6. Aku termasuk tipe yang beli kue lebaran nih hihi, secara masih blm sempet bagi waktu untuk bikin kue sendiri, in syaa allah lebaran ini ad beberapa kue yang aku mau buat bareng sm anak

  7. Gak terasa udah ramadan siap siap bikin kuker tahun kmrn aku bkn putsal,cookies choco chip,kastengel,kue kacang,dan yg jadi favorit kue putri salju anak anak suka banget,klosagu keju juga suka tapi ini selalu beli selalu gagal bikin sendiri😌kalo aku sukanya nastar tapi selalu beli soalnya paksu gak suka malah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *