Tak Usah Cemas, Ini Cara Cegah Alergi

Tak Usah Cemas, Ini Cara Cegah Alergi

Seminggu libur karena sekolah dipakai untuk ujian kelas 6, dihabiskan Fahmi untuk bermain bersama teman sepermainan di sekitar rumah. Ada Salwa, Sakila, Nisa, Fadilah, Fahri, Ramdhan, Rahmat dan Noval. Sesekali main juga bersama anak-anak yang usianya lebih besar.

Maklum di kampung, lahan bermain masih cukup luas. Saya membiarkan Fahmi bermain bersama temannya di halaman, di kebun, di lingkungan kantor PLN kalau sedang kosong, dan tanah lapang pabrik penggilingan padi. Entah itu bermain gambar, kelereng, bulutangkis, atau bermain sepeda.

Jika melihat mereka bergerombol, waktu rasanya begitu cepat berlalu. Masih teringat ketika tahun 2012-2013 saat mereka dilahirkan. Kami para ibu bersama-sama ke posyandu untuk menimbang dan imunisasi mereka. Ya, antara Fahmi dan teman sebayanya itu, memang hanya selisih beberapa belas hari sampai satu dua bulan saja. Pertama lahir adalah Nisa, lalu Fadillah, disusul Fahmi, lalu sebulan kemudian Salwa dan diikuti kelahiran teman lainnya dalam rentang tahun yang sama.

Dari semua teman sebaya Fahmi, hanya Salwa yang saat itu lahir dengan cara operasi. Diiringi kabar kalau baby Salwa katanya tidak lahap dalam minum ASI. Lalu terdengar kabar jika Salwa menderita alergi. Saat itu saya tidak banyak tahu karena saya jarang bertemu dan saya pun disibukkan dengan mengurus Fahmi setelah pulang kerja (saat itu saya masih suka bolak balik ke luar kota).

Saya hanya dapat kabar kalau Ayah Salwa harus membeli Susu SGM Soya jauh ke kota dikarenakan di minimarket kecamatan hanya ada SGM Ananda seperti yang diminum Fahmi. Ya, karena alergi Salwa sendiri yang saat itu béda minum susunya.

Kini mereka anak-anak itu sudah bersekolah. Bahkan mengajinya pun bersama-sama di rumah. Senang mereka bisa tumbuh cerdas dan sehat. Termasuk Salwa, meski ia punya riwayat alergi tapi sekarang saat sudah besar tidak lagi terdengar mengeluhkan soal alerginya. Selain makanan yang dijaga, Mama Salwa pernah bilang kalau ia kini sangat disiplin mengajarkan tentang menjaga kebersihan. Karena kalau tidak, alergi yang diidapnya sewaktu-waktu bisa kambuh.

Oh iya. Pantas. Saya jadi teringat postingan di Instagram Nutrisi Untuk Bangsa, jika mencegah terjadinya alergi itu bisa dilakukan dengan cara:

Cegah alergi dengan:
1. Menjaga kebersihan
2. Hindari polusi, hindari asap rokok baik aktif maupun pasif
3. ASI ekslusif selama lahir sampai usia 6 bulan
4. MPASI setelah usia anak 6 bulan.
5. Hindari binatang, karena alergi juga dapat dicetuskan oleh serpihan kulit binatang atau tungau debu.
6. Jaga asupan gizi ibu hamil. Tidak perlu melakukan pantang makanan tertentu, asalkan kebutuhan nutrisi selama kehamilan selalu terjaga.

 

 

Dan benar saja, meski saat bayi Salwa punya riwayat alergi, kini setelah besar tidak lagi sering mengeluhkan alerginya itu. Mama Salwa benar-benar menjaga kebersihan baik di rumah maupun makanan demi bisa membesarkan putrinya itu dengan sehat dan tanpa gangguan.

 

#SGMEksplor #GenerasiMaju #MombassadorSGMEksplor

7 thoughts on “Tak Usah Cemas, Ini Cara Cegah Alergi

  1. Waahh, berarti tahun 2012-2013 itu pada hamil berjamaah ya Mbak, ramai benar Bumil nya 😀
    Alergi emang bikin gemess ya, mesti ekstra hati2 juga pilih makanan, kebersihan jg agar tidak ada debu ataupun pemicu yg bisa menimbulkan alergi itu sendiri.
    tp syukurlah sekarang Salwa sdh tidak alergi lagi, ini jg bisa jadi catatan untuk semua agar selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari alergi 🙂

  2. Wah jarak hamilnya deketan yah mba jadi seru bisa sharing bareng seputar kehamilan dan tumbang anak ,sekarang anak yang alergi susu sapi udah ada pilihan sgm soya ya untuk
    susu sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi hariannya

  3. Wah jarak hamilnya deketan yah mba jadi seru bisa sharing bareng seputar kehamilan dan tumbang anak ,sekarang anak yang alergi susu sapi udah ada pilihan sgm soya ya untuk
    susu sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi hariannya

  4. Wah jarak hamilnya deketan yah mba jadi seru bisa sharing bareng seputar kehamilan dan tumbang anak ,sekarang anak yang alergi susu sapi udah ada pilihan sgm soya ya untuk
    susu sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi hariannya

  5. Wah jarak hamilnya deketan yah mba jadi seru bisa sharing bareng seputar kehamilan dan tumbang anak ,sekarang anak yang alergi susu sapi udah ada pilihan sgm soya ya untuk
    susu sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi hariannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *