Anak Sehat dan Gizinya

Anak Sehat dan Gizinya

Anak Sehat dan Gizinya

Sabtu ini Fahmi cerita kalau teman di sekolahnya banyak yang tidak masuk. Meski di beberapa sekolah menjadikan Sabtu sebagai hari libur, tapi di Sekolah Fahmi, hari Sabtu itu tetap bersekolah.

Karena itu mungkin ada teman Fahmi yang izin tidak masuk sekolah karena sedang bepergian keluar kota mengingat Jumat kemarin tanggal merah libur nasional, sehingga ada yang menggunakan waktu tersebut untuk bepergian keluar kota dan menjadikan Sabtu sebagai hari libur dadakan.

Ada juga yang tidak masuk sekolah karena sakit. Cuaca beberapa hari terakhir di tempat kami memang tidak bisa diprediksi. Seringnya anak-anak sekolah pulang sambil hujan-hujanan. Gejala flu batuk dan demam dengan mudahnya banyak menyerang anak. Mungkin ditambah pula daya tahan tubuh anak sedang drop yang menyebabkan mereka jadi sakit.

β€œKenapa sih Bu kalau daya tahan tubuh lemah kita bisa sakit?” Tanya Fahmi.

Kita memang tidak bisa menentukan apakah daya tahan tubuh seseorang bagus atau tidak. Tapi banyak informasi menyampaikan jika perubahan cuaca, pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang buruk sering berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Karena itu daya tahan tubuh bisa menurun.

Yang sering kita lihat dan rasakan sih saat musim hujan, tubuh cenderung lebih rentan terhadap ancaman penyakit. Bener apa gak sih? Hehehe…

Saat musim tidak menentu kesehatan harus lebih dijaga. Khususnya kesehatan anak. Kalau orang dewasa sih saya kira sudah bisa membedakan mana yang boleh dilakukan dan mana yang sebaiknya dihindari. Orang dewasa saya anggap sudah bisa menjaga kesehatan sendiri. Tapi anak-anak kan jangankan dibiarkan, dipantau dan dibimbing saja masih saja pecicilan. Melanggar apa yang seharusnya dihindari. Namanya juga anak.

Sebagai orang tua memang dibutuhkan banyak perhatian dan kesabaran dalam menghadapi anak. Tidak hanya soal pendidikan karakter dan akademis, tetapi termasuk juga persoalan gizi. Entah ada kaitannya atau tidak tapi saya percaya kesehatan dan daya tahan tubuh anak ditentukan pula oleh kecukupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan anak.

Karena itu saya berusaha memperhatikan gizi anak sejak dini. Mulai dari apa yang dimakan, makanan atau minuman camilan, makanan apa yang sebaiknya dihindari sampai cara menjaga kesehatan pribadi.

Saya sering dibilang bawel sama anak gara-gara selalu bilang kepadanya harus banyak makan sayur dan buah. Habis anak jaman sekarang rata-rata malas makan sayur dan konsumsi buah, kan ya? Kalaupun ada sayur atau buah yang dimakan hanya sayur atau buah-buahan pilihannya. Itu-itu saja. Tapi Alhamdulillah Fahmi tidak pilih-pilih dalam konsumsi sayur. Apa yang dimasak selalu ikut makan. Kalau buah memang tidak banyak yang bisa dimakannya karena ia belum bisa mengupas sendiri. Jadi makan buah banyaknya kalau saya buat jus atau buah potong.

Saat orang tua minum teh atau kopi sebagai tea break, saya selalu menyediakan susu untuk Fahmi. Selain saat ini sudah banyak susu kemasan yang lebih praktis juga kandungan nutrisi susu memang masih sangat diperlukan untuk tumbuh kembang Fahmi.

Sebagai cara lain menjaga gizi anak supaya tetap sehat ialah dengan memantau anak supaya tidak banyak mengonsumsi makanan manis dan atau lengket. Seperti gula-gula, permen, dan sebagainya. Kalaupun ada kesempatan makan makanan manis dan atau lengket selalu saya ingatkan untuk banyak minum air putih setelahnya atau menggosok gigi supaya sisa-sisa makanan manis dan lengket tidak menempel di gigi. Memang menggosok gigi dua kali sehari itu minimal yang harus dilakukan Fahmi setiap hari.

 

#SGMEksplor #GenerasiMaju #MombassadorSGMEksplor

13 thoughts on “Anak Sehat dan Gizinya

  1. Boleh aku tambahin mba? Jangan lupa istirahat atau tidur yang cukup dan teratur. Banyak tyt tetanggaku nih yang anaknya tidur larut malam… Kan gak bagus juga buat kesehatan maupun kedisiplinannya.

  2. Anak aku nomor 1 dan 2 dari usia Balita jarang banget aku kasih makan permen atau cokelat, makanya gigi nya tidak berlubang, ompong hanya pas gigi copot.
    Tapi anak ke 3 aku agak santai, jadinya ya gigi nya jelek. Memang perlu banget kita menjaga kesehatan gigi anak

  3. Sebagai seorang ibu, harus memerhatikan gizi anak yah bund, aku lg program pengen punya momongan nih, suka banget dhe artikel kayak gini, nambah pengetahuan, thanks sharingnya bund 😘

  4. Si Kakak nih giginya sdh karies.. mesti ke dokter gigi. Sekarang sudah rajin gosok giginya, tp keburu sdh rusak. Jadi pelajaran.. Semoga adiknya bisa lebih baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *