Cara Tanam Bayam di Halaman Sempit

Cara Tanam Bayam di Halaman Sempit

Cara Tanam Bayam di Halaman Sempit

Karena ini berdasarkan pengalaman, jangan heran kalau akan ada banyak teori yang melenceng dari artikel serupa yang dikeluarkan pakar atau para petani bertenaga ahli. Da aku mah apa atuh hanya menanam bayam sambil iseng. Tapi ketika hasilnya tidak kalah dari bayam yang dijual di market fresh ber-air conditioner, rasanya ingin mengabadikan keberhasilan ini sekadar untuk dikenang. Bukan mau pamer riya’ ingin dipuji, tapi sebagai me time saja, apresiasi kepada diri sendiri atas pencapaian yang telah didapat dengan cara mengabadikannya di blog.

Jadi ceritanya dulu tetangga mau buat kontrakan. Tapi kena kendala sehingga tanah yang akan dibangun itu dibiarkan menganggur saja. Saat musim hujan datang, tetangga yang juga mantan TKI itu mengolah lahan yang tadinya mau dibangun itu dengan menanaminya sawi hijau.

Beneran tetangga saya ini dari mulai menyiangi, mencangkul sampai tebar benih dan menanam bibit dilakukannya sendiri. Hasilnya dalam waktu 3 bulan sudah memanen sampai puluhan kg! Untuk ukuran ibu rumah tangga jelas itu sebuah keberhasilan. Apalagi bisa dibilang tetangga saya bukan petani atau tenaga ahli.

Akhirnya saya nyontek dari tetangga. Awalnya menyimpan bumbu sisa seperti kencur, lengkuas, dll ke dalam tanah dalam pot. Ternyata tumbuh subur karena memang sering disiram dan diperhatikan. Lanjut berani menanam beberapa sayuran seperti cabe rawit, sawi dan bayam, sayur yang sangat disukai anak.

Beberapa hari lalu meski tidak sampai berkilo-kilo, bayam yang saya tanam sudah bisa dipanen. Memanennya dicabut karena kebetulan jenisnya bayam cabut (yang diambil dengan akarnya).

Menanam bayam tidak harus memiliki lahan luas. Bisa dalam pot, dalam polybag atau di halaman. Praktis pokoknya. Cara menanamnya juga cukup mudah. Kebetulan bibitnya saya beli dari toko penjual bibit sayuran yang ada di kecamatan.

Bibit sayuran yang bisa dibeli di pasar

Gimana langkah menanam bayam? Cukup mudah. Pertama tentu saja siapkan media tanamnya. Mau di halaman, di pot atau polibag. Pastikan tanahnya gembur, jika ada campur dengan sekam, atau gabah. Lebih bagus lagi menggunakan pupuk organik. Saya sendiri menggunakan kotoran ayam karena kebetulan punya peliharaan ayam.

Selanjutnya pilih benih bayam yang bagus. Meski beli sudah dalam sachet tersegel, tapi pastikan bibit tidak kadaluarsa, tidak basah atau pembungkus tidak rusak.

Selain membeli, bibit juga bisa kita dapat dengan membiarkan tanaman bayam yang terlihat bagus tumbuh sampai tua. Sehingga biji bayamnya cukup matang dan bisa kita jadikan bibit yang kembali kita tanam.

Untuk menentukan mana benih yang bagus dan menarik benih yang kurang baik kita bisa membedakannya dengan cara merendam biji bibit bayam dengan air bersih. Yang mengapung itu artinya bibit kurang bagus. Bibit bayam yang tenggelam dipercaya akan tumbuh baik.

Langkah selanjutnya semai bibit pada media tanam. Bisa disebar sekaligus kalau di tanah agak luas, atau bisa juga dalam satu pot disemai beberapa biji bibit bayam saja.

Pertahankan kelembaban tanah dengan menyiram secara teratur. Pastinya menyesuaikan dengan kondisi. Kalau musim hujan basah oleh air hujan tidak disiram pun tidak masalah. Asal jangan berlebihan air alias bibit terendam.

Setelah baby bayam tumbuh, kita bisa mindahkannya ke media tanam lain. Atau kalau dalam polibag cukup atur jarak tanamnya saja supaya tidak terlalu berdekatan.

Layaknya hewan peliharaan, tanaman juga perlu perawatan. Jadi kita juga jangan lupa merawat bayam yang kita tanam dengan sebaik-baiknya hingga tumbuh subur dan bisa dipanen.

Benih bayam yang sudah disemai

Tidak sampai satu bulan, bayam yang ditanam sudah bisa dipetik atau dipanen. Saya pun menyebar benih tidak bersamaan, melainkan ada jeda beberapa hari sehingga besar pohon bayam nantinya tidak sama. Dengan begitu waktu panen tidak serentak. Bayam yang saya tanam jenis bayam cabut maka memanennya pun dengan mencabutnya hingga akarnya dapat. Ada kan jenis bayam lain yang cara memanennya dengan memetik daun muda nya saja?

Sebaiknya bayam dipetik kalau segera akan dipasak. Lebih segar lebih baik supaya kandungan nutrisi yang dimiliki bayam tidak rusak.

Sayur bayam sangat dianjurkan untuk anak-anak. Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki bayam baik untuk cegah iritasi mata, kesehatan dan pertumbuhan tulang anak, memperkuat otot dan meningkatkan metabolisme tubuh anak.

Di kota besar selain disayur atau dibuat keripik daun bayam, bayam juga sering dikonsumsi dengan dibuat jus daun bayam dan diminum pada pagi hari saat sarapan. Menurut ahli, selain bagus untuk pemenuhan zat besi yang diperlukan tubuh, kandungan vitamin B yang dimiliki bayam juga dapat meredakan stress lho.

Lahan sempit bukan masalah

Yuk menanam sayuran karena sayur mengandung serat bagus untuk kesehatan. Tidak ada alasan tidak punya lahan karena menanam sayur dalam polibag pun bisa berhasil. Jangan lupa ajak anak ikut menanam sayur dan memeliharanya supaya anak termotivasi untuk lebih banyak makan sayur juga.

Bayam dipanΓ©n siap dimasak

Jika anak masih sulit mengonsumsi makan sayur-sayuran lengkapi kebutuhan nutrisi anak yang didapat dari sayur dengan memberikan anak minum susu mengandung buah dan sayur

#SGMEksplor #GenerasiMaju #MombassadorSGMEksplor

30 thoughts on “Cara Tanam Bayam di Halaman Sempit

  1. Seger ya teh. Mau masak tinggal petik. Memang seringkali tidak adanya lahan kosong di rumah menjadi alasan yang utama buat bercocok tanam. Padahal bisa juga pake sistem hidroponik ya

  2. Ada gak ya beli bibit online πŸ˜€
    Halamanku sempit tapi kyknya kalau nanam segitu masih bisa. Senang banget pastinya kalau makan sayur yang ditanam sendiri. Apalgi kalau anak2 diajak nanam dan metik pasti makin semangat makan sayurnya ya?

  3. Ada gak ya beli bibit online πŸ˜€
    Halamanku sempit tapi kyknya kalau nanam segitu masih bisa. Senang banget pastinya kalau makan sayur yang ditanam sendiri. Apalgi kalau anak2 diajak nanam dan metik pasti makin semangat makan sayurnya ya? .

  4. Teh kenapa sy kalo nanem apa2, kok mati mulu huhuhu, pengen cobain tanem bayem di pot, kalo mati lagi brati tangannya ga cocok. halah, tangan kok disalahin πŸ˜€

  5. Sudah lama tidak bercocok tanam, apalagi sekarang terik bgt. Hikss.. Paling untung kalau rajin nanem cabe ya mba.. mana harga lagi pada naik2nya.. hihi..

    Salut, masih smpt menanam sayur di rumah, aman & sehat tanpa peatisida.. akupun jd semangat, latah mau ikutan.. πŸ˜€

  6. Wah jadi makin semangat utk bercocok tanam dihalaman rumah yg minimali alias kecil..
    Pengen juga nanam kangkung pakai pipa2 peralon biar irit tempat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *