Ketahui Nutrisi Penting untuk Anak 1-3 Tahun Berikut!

Apa saja nutrisi penting yang dibutuhkan anak usia satu sampai tiga tahun?

Pertanyaan ini kerap saya dengar di posyandu kampung yang dibuka setiap minggu pertama setiap bulannya. Yang menanyakan rata-rata ibu muda, yang baru memiliki anak pertama.

Anak usia batita (bayi usia di bawah tiga tahun) kita ketahui sebagai masanya dimana anak banyak bereksplorasi dengan lingkungan. Tidak bisa dipungkiri saat itu anak membutuhkan asupan nutrisi seimbang agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Adapun kandungan nutrisi seimbang untuk batita secara garis besar terbagi kepada empat bagian yaitu terdiri dari makro nutrisi, mikro nutrisi, serat dan air.

Adapun yang termasuk kepada kelompok makro nutrisi adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Yang kesemuanya itu merupakan sumber energi bagi anak untuk melakukan aktivitasnya. Yang termasuk mikro nutrisi adalah kalsium, Vitamin D, zinc, serta Vitamin C sangat dibutuhkan anak untuk membantu proses metabolisme yang lebih baik.

Seperti kita tahu, anak usia 1-3 tahun itu masa-masanya anak suka bermain. Oleh sebab itu anak membutuhkan zinc dan Vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Sedangkan minyak ikan dan omega 3 dibutuhkan anak untuk membantu mengoptimalkan daya pikir anak sejak dini.

Adapun kandungan kalsium dan Vitamin D sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan fisik anak khususnya untuk pertumbuhan tulang, yang mana pada usia satu sampai tiga tahun pertumbuhan tulangnya berlangsung secara cepat.

Jangan lupa juga agar kesehatan pencernaan anak kita sehat, sebaiknya orang tua memberikan makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan agar anak terhindar dari sembelit.

Namun adakalanya ibu kadang sibuk sehingga lupa untuk mengontrol itu semua. Jangan panik, karena sebagai penambah nutrisi yang dibutuhkan anak tersebut di atas, ibu bisa mempercayakannya kepada susu SGM Eksplor dengan Complinutri. Dimana di dalamnya mengandung kalsium dan Vitamin D, zinc dan Vitamin C, serat pangan inulin, dan minyak ikan serta omega 3.

Sebagai pelengkap asupan nutrisi untuk anak, jangan lupa berikan anak minum susu minimal sehari dua kali.

#SGMEksplor  #GenerasiMaju #MombassadorSGMEksplor

19 Comments

  1. Reyne Raea

    13 November 2018 at 7:07 pm

    Anak2 emang butuh banyak nutrisi ya mba, karena lagi masa pertumbuhan.
    Dan minum susu jadi hal yang penting menurut saya, demi menunjang kebutuhan nutrisi anak 🙂

  2. Alaika Abdullah

    13 November 2018 at 11:29 pm

    Anak2, dalam masa pertumbuhannya memang sangat perlu didukung dengan nutrisi yang cukup, lengkap karbo, protein, lemak dan vitaminnya. Susu, juga adalah hal utama yang tak boleh ketinggalan dalam memastikan si anak bertumbuh kembang dengan baik dan sempurna. 🙂

  3. Ida Tahmidah

    14 November 2018 at 2:48 am

    Iya nih informasi penting bagi ibu2 muda. Kadang kita nikah tanpa bekal persiapan pengetahuan yg cukup ttg gizi anak akibatnya ya banyak yg kekurangan gizi. Padahal masa 1-3 thn ini penting ya..

  4. Milda Ini

    14 November 2018 at 3:40 am

    Masaemas,harus diisi dengan asupan gizi terbaik, supaya nanti gedenya juga maksimal tumbuh kembangnya

  5. Nia K. Haryanto

    14 November 2018 at 6:21 am

    Anak usia 1-3 mah masa emas banget, ya. Nutrisi kudu bener2 bagus biar tumbuh kembangnya optimal. Telat dari usia ini bisa gak pengaruh. Dan susu, melengkapi nutrisi kebutuhan tubuhnya.

  6. Elly Nurul

    14 November 2018 at 8:00 am

    1000 hari pertama kehidupan anak sejak dalam kandungan hingga 2 tahun, masa tersebut masa yang paling penting bagi pertumbuhan otak anak, maka nutrisi untuk meraka sangat penting, yuk ah kita sebagai orangtua semakin memahami nutrisi penting apa saja untuk mendukung tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal

  7. sie-thi nurjanah

    14 November 2018 at 8:47 am

    Masa balita anak utk usa 1-3 tahun pemenuhan nutrisi, vitamin, Zink dan karbohidrat menjadi cukup penting dimasa pertumbuhannya. Dan semua kandungan itu ada dalam 1 kebaikan

  8. Natara

    14 November 2018 at 9:09 am

    Istilahnya mah golden age gitu ya mbak… Asupan nutrisi yg dibutuhkan jelas beda Ama anak yang usia diatasnya ya mbak

  9. Dwi Puspita

    14 November 2018 at 2:28 pm

    Wah..nutrisi emang harus lengkap ya diberikan pada anak biar pertumbuhannya optimal. Makasih sharingnya teh okti…

  10. Vindy Putri

    14 November 2018 at 10:45 pm

    Hihi, bermanfaat mbak. Saya lagi mengandung. Masih 3 bulan tapi udah mulai mikir, besok kalau anaknya lahir diberi apa supaya semua nutrisi mencukupi.

    By the way, selama saya hamil minumnua SGM Bunda, dari hunting susu, SGM Bunda paling terjangkau tapi rasanya paling enak. Jadi kayanya nanti anaknya mau dicoba minum SGM juga. Hehe… kali aja anak juga ikut suka.

  11. Suciarti Wahyuningtyas

    14 November 2018 at 11:51 pm

    Ternyata jawabannya ada di SGM Eksplor ya bun, anakku juga minum susu SGM Eksplor. Karena aku yakin apa yang dibutuhkan anakku ada di SGM

  12. Novitania

    15 November 2018 at 1:30 am

    Anak usia segitu tuh gampang gampang susah kasih makannya ya mba. Orang tua Nggak boleh abai soal gizinya

  13. Tina Sindi

    15 November 2018 at 8:24 am

    Sekarang jamannya sudah semakin enak ya…para ibu muda bisa mendapatkan berbagai info tentang anak, bisa diterapkan agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik, terimakasih infonya mba

  14. April Hamsa

    15 November 2018 at 10:23 am

    Tapi tetep makanan no ya kalau anak 1-3 tahun 😀
    Kalau susu sebagai pelengkap. Memang anak usia 1-3 tahun itu pas lagi picky2nya, kudu pinter2 mbujuknya hehe

    1. April Hamsa

      15 November 2018 at 10:30 am

      maksud saya makanan no 1

  15. Ratri Anugrah

    16 November 2018 at 12:04 pm

    Untung ponakanku yang mau 2 tahun pemakan segala :)) Tapi tetep kudu dikontrol sih saking lahapnya

  16. Nur Aliah

    16 November 2018 at 3:47 pm

    Wah bermanfaat sekali postingannya..anak saya usia 3 tahun juga lagi aktif banget ga bisa diem. Jadi tahu kan nutrisi yang dibutuhkan

  17. Sara Neyrhiza

    17 November 2018 at 5:31 am

    anak usia1-3 itu butuh banyak nutrisi, tapi di usia itu pula saya malah menghadapi tantangan anak susah makan..harus pinter2 cari alternatif memang

  18. gita siwi

    17 November 2018 at 6:57 pm

    Senang ya kalau liat batita bisa maksimal tumbuh dan berkembang dengan nutrisi yang sesuai usianya.

Leave a Reply