Pemahaman Anak Tentang Besi

Pemahaman Anak Tentang Besi

Pulang sekolah sambil menyeka peluh Fahmi laporan. “Bu, tadi dahi Asep benjol. Waktu bermain kejedot tiang besi. Kasian Asep. Besi itu jahat ya, Bu?”

Asep itu teman Fahmi di sekolah. Fahmi berteman baik sama Asep. Pantas kalau Fahmi merasa sedih atau marah terhadap besi, karena itu dahi Asep temannya jadi memar dan bengkak.

Sambil mengajaknya duduk, lalu saya ajak Fahmi buka sepatu, kaos kaki, dan ganti pakaian setelah menaruh sepatu pada tempatnya.

“Besi itu baik. Asep saja yang tidak hati-hati bermainnya. Jadi kejedot besi. Besi itu tidak salah. Nanti setelah membuat pekerjaan rumah, ibu cerita tentang besi yang baik hati, ya.”

“Ada besi baik hati, Bu?” Matanya menyimpan rasa penasaran. Saya mengangguk dan berjanji nanti akan bercerita.

Rupanya Fahmi sangat menantikan cerita dari saya terkait besi yang baik hati. Ia segera makan, mengerjakan pekerjaan rumah dan sebelum tidur siang menagih kepada saya.

“Bu, ceritain dong besi yang baik itu tadi,” pintanya. Sepertinya Fahmi tertarik sekali dan jadi pertanyaan besar baginya, kok ada besi baik hati. Padahal jelas dahi Asep, temannya justru benjol karena besi yang karena itu katanya jahat.

“Mi, besi atau zat besi itu adalah sebuah mineral yang kita dapat dari makanan yang kita makan. Zat besi ini penting untuk berbagai fungsi tubuh kita. Salah satunya zat besi ini bertugas sebagai sarana transportasi oksigen ke seluruh tubuh melalui darah.”

Fahmi terdiam. Sedang memikirkan kata-kata saya barusan, atau mungkin karena tidak paham.

“Anak-anak juga makan besi?” Tanyanya polos…

Saya tertawa. Fahmi ikut tertawa.

“Bukan berarti makan besi, tapi dari makanan yang kita makan, itu ada yang mengandung mineral zat besi. Nah zat besi itu yang kita butuhkan untuk tubuh.”

Fahmi ngangguk-ngangguk.

“Anak-anak jelas sangat memerlukan zat besi. Selain untuk transportasi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh melalui darah, zat besi bagi anak-anak berguna untuk meningkatkan nafsu makan, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mempengaruhi tumbuh kembang anak dan membantu perkembangan kognitif anak.”

“Jadi kalau Ami gak mau makan itu berarti Ami belum makan besi, ya Bu?” Kepolosannya kembali bikin saya tertawa. Fahmi kembali ikut tertawa juga.

Susah makan ikan dan daging merah, zat besi yang dibutuhkan tubuh semoga terpenuhi dari nutrisi zinc yang terkandung dalam susu SGM Eksplor

“Bukan belum makan besi, tapi mungkin kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.”

“Makanan yang mengandung besi apa saja?”

“Banyak. Misalnya sayur bayam, ikan, seafood, daging merah, kacang merah, kacang kedelai, susu, alpukat, semangka, dan banyak lagi.”

“Oh, iya Ami kan gak suka makan ikan, seafood, dan daging ya? Jadi Ami kurang besinya. Ya Bu?”

“Makanya Ami harus lebih banyak lagi makan ikan, dan daging.”

“Iya Bu, nanti Ami mau makan banyak besi. Biar kuat” katanya sambil mengepalkan tangan. Ada-ada saja. Dasar anak.

“Tapi terlalu banyak zat besi tidak baik juga loh Mi.” Fahmi merenung lagi.

“Gini, kalau kekurangan zat besi dalam tubuh kita, dampaknya nanti akan terasa lemas, kurang berkonsentrasi, mudah terkena infeksi, dan tidak ada nafsu makan. ย Kelebihan zat besi dalam tubuh kita juga tidak baik, karena akan mengakibatkan gangguan sistem pencernaan seperti muntah-muntah, susah buang air besar, atau malah diare. Belum juga bisa mengakibatkan gangguan kulit seperti gatal-gatal.”

“Kalau Asep itu jadi benjol, kena besi. Kelebihan ya Bu?”

“Ah, itu mah Asep kurang hati-hati saja. Bukan berarti kelebihan besi. Makanya kalau bermain lihat-lihat. Kalau jalan jangan sampai menubruk tiang. Jadi benjol deh.”

Hahaha! Fahmi tertawa

“Stt! Sudah ceritanya. Ayo bobok siang dulu.”

Sumber @akuanaksgm

#GenerasiMaju #SGMEksplor #MombassadorSGMEksplor

 

24 Comments

  1. Antin Aprianti

    3 November 2018 at 12:24 pm

    Akupun suka sekali semangka, tos dulu lah kita dek fahmi ๐Ÿ™‚
    Memberikan pemahaman ke anak dengan bercerita begini jadi lebih santai ya mbak.

  2. CatatanRia

    3 November 2018 at 12:46 pm

    Setuju zat besi adalah besi bisa ang baik. Zat besi memang dibutuhkan sekali untuk anak-anak terutama balita. Kekurangan zat besi bisa mempengaruhi tumbang anak.

  3. Rahmah

    3 November 2018 at 2:49 pm

    Wuih seru ya ceritain anak soal Besi tapi ga kaku dan bahasanya mudah dicerna anak. Besok Salfa bakal butuh info ini juga.

  4. Ajeng Pujianti Lestari

    3 November 2018 at 5:21 pm

    Ah iya, anemie disefisiensi besi sering banget kejadian sama anak-anak yang full Asi. Anakku 3 , yang nomer 1 asi sampe 2 tahun dan tiap cek darah pasti hb rendah sampai harus selalu minum oenambah darah. Si nomer 2 asi cuma sampai 11 bulan(karena saya hamil lagi) terus lanjut sufor. HBnya selalu normal, wahahaha.

  5. Agatha Revindra Widori

    3 November 2018 at 7:43 pm

    Iya mom, semangka tinggi zat besi. Enak dan seger ya mom, aku suka karena banyak airnya..

  6. ike yuliastuti

    3 November 2018 at 9:03 pm

    alhamdulillah anakku suka banget sama semangka,
    karena segar dan enak dimakan pas udara di surabaya yang panas.
    fahmi jangan lupa makan besi,, eh zat besi yg banyak ya nak… heheh

  7. Ayun

    3 November 2018 at 11:30 pm

    Cerita di awal mengingatkan saya pada masa kecil. Kalo jatuh atau kejedot pintu, yang disalahin lantai atau pintunya. “Lantainya nakal, ya,” kata Emak dulu. Hehe

  8. Rita Asmaraningsih

    4 November 2018 at 12:15 am

    Fahmi kritis banget ya Mba dengan cara mengajukan pertanyaan2 yang menjadi tanda tanya besar bagj dirinya. Untung Bundanya sabar bisa ngertiin anak..

  9. Yoanna Fayza

    4 November 2018 at 12:29 am

    Hahaa dari kejedot besi lalu ke zat besi. Asik nih ceritanya ๐Ÿ™‚

  10. Siti Faridah

    4 November 2018 at 7:34 am

    Setelah baca ini aku baru tahu kalau salah satu buah favoritku (Semangka) kaya akan kandungan zat besi. Nice info, Mbak. Besok mau beli buah Semangka lagi ah…

  11. Fenni Bungsu

    4 November 2018 at 9:38 am

    Kek daku jaman dulu, zat besi yang dimaksud adalah besi yang berat, terus dulu kalau abang tuaku mau training daku pikir oh pakai baju training olahraga, haha pemikiran polos anak-anak yaak

  12. Miranti

    4 November 2018 at 1:41 pm

    Gemesh sama karakter2 fahmi, lucu2 ๐Ÿ˜€ jadi kepikiran sama kadar zat besi anakku, udah oke belum ya, *brb cek list nutrisi susu anak

  13. Jeanette Agatha

    4 November 2018 at 6:35 pm

    hihi, yang di salahin besinya yang jahat, hihihi.
    dulu anak-anakku juga minum sufor SGM, tapi sekarang sudah tidak mau minum sufo lagi. Jadi sekarang dialihkan ke UHT ๐Ÿ™‚

  14. Reyne Raea

    4 November 2018 at 7:17 pm

    Hehehe..
    Ngakak sendiri bacanya, anak2 emang polos banget ya pemikirannya.
    Bahkan hal yang biasa jadi luar biasa di pikiran mereka ๐Ÿ™‚

  15. cerite si mpo

    5 November 2018 at 3:00 am

    Cerita menarik dan santai membuat anak akan mengerti pentingnya zat besi buat tubuh si anak.

  16. missdapur

    5 November 2018 at 3:02 am

    Zat besi tidak bikin lemas saat beraltivitas.

    Harga bayam murah akan tetapi masih banyak anak yang tidaknsuka majan bayam.

  17. Emma

    5 November 2018 at 6:13 am

    Alhamdulillah anakku doyan bening bayam sama anakku gi belajar makan buah semangka, semoga seluruh anak di dunia sehat dan cerdas ya mbak.

  18. Emma

    5 November 2018 at 6:26 am

    Alhamdulillah anakku doyan sayur bening bayam dan lagi belajar untuk makan buah semangka, semoga seluruh anak didunia sehat dan cerdas ya mbak.

  19. April Hamsa

    5 November 2018 at 6:33 am

    Eh aku baru tau kalau semangka juga kaya akan zat besi. Wah kudu sering2 beli nih semangka.
    Zat besi emang bagus buat anak, krn bikin Hb bagus shg penyerapan nutrisi dalam tubuh anak pun bagus.

  20. Dian Restu Agustina

    5 November 2018 at 7:25 am

    Wah cara belajar Umi dan Fahmi keren nih..sambil ngobrol santai bisa dapat pemahaman dan pelajaran baru:)

  21. Nurul Dwi Larasati

    5 November 2018 at 9:52 am

    Polos banget anak-anak ya. Tapi memang harus ada alternatif pengertian supaya anak mudah memahami. Fahmi pinter deh ..

  22. Faridilla Ainun

    5 November 2018 at 5:04 pm

    Pinternya teh anaknya, momen tersebut sekaligus mengajarkan anak tentang besi yang baik juga ya

  23. Tika Samosir

    6 November 2018 at 8:58 am

    Zat besi memang sangat penting bagi pertumbuhan anak ya Teteh.
    Salah satunya mengkonsumsi susu formula yang ada kandungan zinc nya.

  24. Raymond Gardner

    19 November 2018 at 7:53 pm

    Hi,

    I know you hate to receive this email, my sincere apology… It’s all about the exclusive report been prepared for indungbageur.my.id already… The report is showing you how you can create any sales and marketing videos for indungbageur.my.id easily, with just a few clicks, and able to attract tons of traffic to your website, and convert them into leads and sales.

    Thank you,
    Raymond
    Assistant Manager
    The Prospecto

Leave a Reply