Tips Menangani Anak Merajuk

Tips Menangani Anak Merajuk

Sudah 3 hari Fahmi terlihat lebih banyak cemberut daripada cerianya. Tidak gembira dan riang seperti biasa. Khususnya kalau pagi dan malam, wajah muramnya jelas terlihat.

“Fahmi kenapa?” Tanya ayahnya. Tapi Fahmi anteng saja nonton televisi.

“Kalau ada sesuatu yang diinginkan belum kesampaian biasanya tuh Fahmi memang suka jadi malas ngapa-ngapain,” tebak saya. Eh bukan nebak sih, tapi emang gitu kok orangnya.

Fahmi tetap diam saja.

“Mi, besok Minggu kita cari lagi botol minum gambar upin-ipin nya ya?” Pancing saya.

“Memang ada?” Fahmi tampak mulai tertarik.

“Ya, kita coba saja. Siapa tahu hari Minggu ada pengiriman dari kota.”

“Iya Bu, kalau udah dapat Ami kan bisa bawa bekal minum ke sekolah pakai botol upin ipin seperti teman-teman…” akhirnya Fahmi mau juga bercerita. Ayahnya mesem-mesem saja gak bisa menyembunyikan perasaan eh pura-pura gitu maksudnya depan anak.

Sejak hari Kamis Fahmi memang sudah merasa kesal sendiri ketika botol minum gambar upin ipin yang diinginkannya belum juga didapatkan. Padahal saya sudah terlanjur bilang kalau sudah dapat botol minumnya, nanti difoto dan akan diikutkan lomba.

Fahmi memang selalu lebih tertarik kalau dibilang foto untuk lomba. Gaya dan mood-nya selalu lebih baik kalau untuk lomba. Itu bisa saya lihat bedanya dengan foto-foto biasa lainnya.

“Kalau untuk lomba, ibu guru bilang harus bagus. Biar menang. Kalau menang kan senang dan bisa dapat hadiah,” itu alasan Fahmi.

Saya iyakan saja. Semoga usaha kita berhasil. Fahmi memang suka banget sama tayangan Upin Ipin. Fahmi jadi mau juga punya botol minum gambar Upin Ipin kaya punya teman-temannya. Saya sudah mengusahakannya tapi belum dapat saja. Sementara batas waktu pengiriman lomba foto tinggal besok, akhir September 2018.

Tapi seakan tidak percaya ketika saya lihat info lombanya tertera kalau lomba foto masih bisa sampai 14 Oktober 2018. Yee… Masih ada waktu buat kita, Mi…

Baiklah saya dan Fahmi masih bisa bersabar lagi menunggu dapat botol upin ipin nya. Setelah dapat langsung foto dan ikut lombahnya biar Fahmi tidak cemberut lagi.

Manteman dan para bunda sudah tahu tidak kalau lomba foto minum susu #SGMEksplormasih bisa ikut sampai 14 Oktober 2018. Yuk buruan ikut. Hadiahnya lumayan lho. Ada voucher belanja seharga total jutaan rupiah.

Dan yang penting anak kita sebagai anak #GenerasiMaju bisa selalu sehat dan banyak prestasi dengan nutrisi yang dikandung #SGMEksplorComplinutri yang kandungannya meliputi kalsium dan Vitamin D, serat pangan inulin, minyak ikan dan omega 3 serta zinc dan Vitamin C, yang kesemuanya itu mengantarkan anak kita menjadi anak dengan 5 potensi prestasi.

Siapa sih yang tidak ingin punya anak cerdas kreatif, tinggi dan kuat, supel, mandiri dan percaya diri?

5 prestasi anak generasi maju

Jadi kalau anak merajuk itu sebenarnya mudah kok untuk mengatasinya. Pengalaman saya selama ini jika Fahmi merajuk cukup lakukan hal berikut:

1. Ajak terus anak berkomunikasi

2. Usahakan arah pembicaraan ke hal-hal yang disukai anak

3. Jangan asal memberikan janji karena bisa jadi tidak ditepati anak akan semakin ngambek

4. Ajak anak mengerjakan sesuatu secara bersama-sama sehingga dengan berinteraksi secara perlahan anak akan melupakan “masalahnya”.

Para bunda punya tips lain untuk mengatasi anak ketika merajuk? Boleh share di kolom komentar ya 🙂

#SGMEksplor, #SGMEksplorComplinutri, #GenerasiMaju, #MombassadorSGMEksplor, #MombassadorComplinutri

 

22 Comments

  1. Akarui Cha

    2 Oktober 2018 at 10:37 am

    Aihhh begitu ya mba. Aku catat kalo begitu. Buat bekalku nanti. Btw, aku juga suka nih sama Upin Ipin. Tapi ku baru tau ada botolnya. Hadiah dari produk SGM Explore ya?

  2. gita siwi

    2 Oktober 2018 at 3:03 pm

    Wah asyik nih lomba. Buat 3 tahun ke atas ya kak ini lomba? Cus akh mau ajak tetangga tetangga yg anaknya minum susu ini

  3. Kurnia amelia

    2 Oktober 2018 at 4:20 pm

    Makasih kak tipsnya ..kalau saya sih ya biasanya iming-iming ice cream aja sih wkwk.

  4. Nurul Mutiara R.A

    2 Oktober 2018 at 6:27 pm

    Adek aku aja kalau di kasih janji tapi belum bisa nepati jadi ngambek minta ampun mba. Memang sih anak2 itu harus banyak didampingi biar tahu keinginan dan perkembangan pola pikirnya ya. Biar gak gampang ngambak kayak adek aku mba 😀

  5. Annafi

    2 Oktober 2018 at 7:32 pm

    Saya suka baca tulisan mba, buat bekal nanti kalau berkeluarga, terimakasih mbaa

  6. Fenni Bungsu

    3 Oktober 2018 at 5:06 am

    Yeay Fahmi ikutan lombanya.. Tenang aunty doakan supaya Fahmi menang, aamiin. Jangan lupa traktir aunty yah, hehhee

  7. Ida Tahmidah

    3 Oktober 2018 at 5:41 am

    Fiuuh Fahmi dah semngat lomba foto dari imut dah nurun dari jiwa ibunya ya.. Hehe..

  8. Nia K. Haryanto

    3 Oktober 2018 at 6:55 am

    Wahm Fahmi hebat. Mau dan lebih semangat kalo difoto buat lomba. Di sini mah justru sebaliknya. Bocah2 susah kalo difoto buat lomba. Hehehehe… semoga cepat dateng ya botol minum Upin Ipinnya. 🙂

  9. Dwi Puspita

    3 Oktober 2018 at 8:29 am

    Tips yang sama saat saya berikan ini pada anak saya yg selalu merajuk…hihihi… emak2 emang super ya…

  10. Ira Sufa

    3 Oktober 2018 at 11:46 am

    iyaa bener banget mba. soal janji ini emang harus hati2 banget ya. Apalagi kalau sama anak-anak. anak zaman now itu malah suka ingat janji dan bisa ngamuk kalau ga dipenuhi. jadi saya belajar untuk ga berjanji muluk2…

  11. Faradila Putri

    3 Oktober 2018 at 1:48 pm

    Bener mbak, aku jarang umbar janji yang ga bisa ditepati ke anak. Kan aku orang tua bukan politisi #eh hehehe.

  12. Rani Yulianty

    3 Oktober 2018 at 2:22 pm

    Wuih, hebat nih Fahmi, mood-nya malah oke diajak foto buat lomba, kalau Fathan kadang suka merajuk, merayu-nya susah hihihi

  13. Ika Maya Susanti

    3 Oktober 2018 at 2:28 pm

    Ya Allah Fahmi… lucu dan keren banget kalau disuruh pose. Gemes ih liat fotonya yang nunjukin jari V itu lo Teh. Tos Fahmi, adek Ais juga anak SGM lo…

  14. April Hamsa

    3 Oktober 2018 at 3:05 pm

    Nah iya kalau asal diberi janji tu anak2 biasanya inget terus lho.
    Walau anaknya dalam keadaan happy biasanya malah suka nagih. Wah makasih infonya jd pengen ikutan lomba fotonya 😀

  15. Sri Widiyastuti

    3 Oktober 2018 at 3:27 pm

    Iya teh, anak anak kalau diajak diskusi ngerti kok daripada dimarahin ya. Merek gak ngerti apa kesalahan dia hihi pacapek capek marah kitanya, anaknya cuek aja. Karena gak paham . Nuhun teh tip na

  16. Sara Neyrhiza

    3 Oktober 2018 at 3:54 pm

    kuncinya memang di komunikasi ya mbak. Jadi dibuat tenang dulu anaknya..terus diajak bicara pelan-pelan

  17. Tukang Jalan Jajan

    3 Oktober 2018 at 7:47 pm

    Wah… untunglah problem solved ya mom. Paling khawatir kalo anaknya merajuk terus nangis jejeritan. orang tua harus bisa mengontrol mood anak dan ngejaga dengan baik termasuk dengan segala janji dan harapan ya moms hehehe

  18. Monica Anggen

    6 Oktober 2018 at 3:55 am

    Wah, bisa nih tips untuk mengatasi anak merajuknya diterapkan ke keponakan kalau saya kebagian jatah jagain ponakan. Terima kasih sudah menuliskannya ya. Suka bingung soalnya saya pas anak kecil merajuk secara saya sudah lama sekali tak ngurusin anak kecil.

  19. Mildaini

    6 Oktober 2018 at 7:51 am

    hadiah dari SGM, kadang juga sangat ampuh buat ngebujukin anak,

  20. Mildaini

    8 Oktober 2018 at 9:01 am

    wah, fahmi anak SGM juga yah, asik ya adam obat merajuk nih dari SGM yaah. salam dari Athifah ya…dia juga suka merajuk, hihihi

  21. diane

    11 Oktober 2018 at 5:32 pm

    Trims tipsnya.. Emang gampang2 susah ya.. dan kadang tega2an ortu juga.. Kalo gak tegaan malah sering ngalah ortunya.. hehe

  22. diane

    11 Oktober 2018 at 5:34 pm

    Sipp nih tipsnya.. Emang gampang2 susah ya.. dan kadang tega2an ortu juga.. Kalo gak tegaan malah sering ngalah ortunya.. hehe

Leave a Reply