Mengintip Sekolah di Desa Wisata Garongan

Mengintip Sekolah di Desa Wisata Garongan

Senang banget ketika bangun pagi hari disambut dengan cuaca yang cerah dan udara yang bersih. Aroma salak menyeruak dari jeruji jendela. Saya hampir lupa kalau hari ini saya sedang berada di Yogyakarta.

Fahmi pun bangun tidak susah sebagaimana kalau bangun tidur di rumah. Dia langsung mau ke kamar mandi untuk bersih-bersih. Ia ya soalnya saya ingatin kalau Hasbi, putera Teh Ria juga sudah bangun. Semalam memang kami ngobrol kalau pagi ini akan lari pagi untuk melihat lingkungan sekitar Desa Wisata Garongan, tempat kami stay selama beberapa hari ini di Turi, Sleman Yogyakarta ini.

Maka setelah semua siap kami beriringan mulai mengitari kampung yang dikelilingi oleh kebun salak. Suasana yang dingin dan berkabut tidak menghalangi niat kami. Anak-anak malah berlarian dan pecicilan sana sini.

Sampai di ujung jalan setelah habis tanjakan kami menemukan sekolah TK yang bersih dan terawat. Anak-anak sempat mencoba beberapa permainan dan tampak senang sekali dengan suasananya.

“Hasbi senang gak kalau sekolah disini?” tiba-tiba saja meluncur pertanyaan itu kepada Hasbi. Anaknya malah tidak peduli.

“Kalau Ami mau Bu, sekolah disini. Bagus.” Fahmi malah menimpali. Kami hanya tertawa. Iya kali kalau emak sama bapaknya ada, tinggal di Yogyakarta. Kalau sendirian dia mah mana mau.

Saya lihat sekolah TK Ngesti Palupi ini memang terawat, bersih dan hijau. Kondisi alam juga turut mendukung mungkin karena terletak di desa dengan nuansa serba alami. Andai lokasi dekat dengan tempat tinggal mungkin saja saya dan suami memilih sekolah seperti ini untuk anak.

Tidak jauh dari lokasi TK ini juga ada SD Negeri Banyuurip. Sama, letaknya strategis dan suasananya hijau. Cocok kalau mencari suasana sekolah yang alami.

Tapi sayang… Kedua sekolah ini kejauhan secara kami mah domisili di Cianjur. Hahaha…
Tidak mudah memang memilih sekolah untuk anak yang sesuai dengan harapan. Karena tentu saja buat kami kemana anak akan disekolahkan harus memenuhi kriteria yang jadi persyaratan.

Seperti:
1. Sekolah yang satu visi dan misi. Misalnya sekolah umum atau sekolah islami.
2. Lokasi terjangkau dari tempat tinggal
3. Reputasi sekolah baik
4. Anak nyaman belajar di sekolah tersebut.

 

Nah kalau sudah memenuhi persyaratan tersebut mungkin saya dan suami gak akan bingung lagi kemana atau dimana anak akan sekolah.
Di sekolah TK Ngesti Palupi ini beruntung siang dan sorenya anak bisa bermain sepuasnya karena dari program Sarasehan Buruh Migran memang ada kelas pemberdayaan untuk anak dan ini dilakukan di sekolah TK Ngesti Palupi ini.

Begitu juga kelas pemberdayaan, advokasi, kreativitas dan lainnya, acara tersebut bertempat di sekolah dasar Banyuurip. Sehingga semua peserta termasuk saya dan anak bisa melihat langsung seperti apa kondisinya.

Bagusnya dua sekolah ini letaknya memang strategis. Dekat dengan bumi perkemahan, terletak di desa wisata dan dekat juga dengan pasar ikan warga. Nah kalau anak sekolah di lokasi seperti ini enak nya kan sekalian mengantar anak bisa belanja ikan juga. Hehehe…

#SatuHariSatuKaryaIIDN

 

4 Comments

  1. Beautyasti1

    7 Februari 2018 at 11:40 am

    Apakah ada arti dari ngesti palupi ya mba? Nama TK ya cukup unik saat dibaca.. sekolah nya adem bener~

  2. HM Zwan

    11 Februari 2018 at 9:23 pm

    Pilih sekolah untuk anak itu gampang2 susah ya Mbk,harus selektif..

  3. Astin Astanti

    12 Februari 2018 at 7:31 am

    Fahmi sebentar lagi sekolah yaaa, waaah pasti senang sekali ya. Fira belum sekolah tahun ini, masih nunggu tahun depan dulu. Saya pun begitu Teh, kalau memilih sekolah, pertama misi dan visinya, lingkungan sekolah, dan kalau bisa untuk tingkat TK dan SD, sebaiknya jangan terlalu jauh dengan rumah. Pertama kasihan kalau terlalu jauh, berangkatnya pasti lebih awal dan pulangnya kelamaan belum ditambah macet kalau di kota besar ya. Kedua, anak-anak TK dan SD masih perlu perhatian orangtuanya. Saya sudah punya gambaran, Fira sekolah di mana, tapi nanti ajak anaknya dulu, mau disitu atau enggak, toh yang mau sekolah kan, anaknya y

  4. velli, md

    19 Februari 2018 at 10:05 am

    sekolahnya bersih banget mbak,, pastinya udaranya juga seger ya! pas lah itu untuk anak2 sekolah

Leave a Reply