[Problem Mom] Musim Hujan dan Anak Jajan Es

[Problem Mom] Musim Hujan dan Anak Jajan Es

“Musim hujan kok jajan es! Nanti sakit perut… “

Sering dengar ucapan seorang ibu demikian? Atau jangan-jangan ibu sendiri yang bilang begitu kepada anaknya? Yuk mari kita saling curhat diskusi terkait hal sepele ini ya buibu…

Emang salah ya kalau anak makan es? Terus apa harus nunggu musim kemarau dulu baru anak boleh makan es? Atau anak dilarang makan es, etapi emak bapaknya mah boleh da udah bukan anak-anak lagi? Apakah setiap habis makan es anak sakit perut?

Banyak banget pikiran yang hilir mudik mau lebaran di benak saya ketika Fahmi makan es krim dan seorang ibu dari temannya Fahmi nyeletuk “Awas makan es lagi hujan nanti sakit perut…”

Saya hanya melongo. Teori darimana ya?

Kalau es yang dibuat berasal dari air mentah saya percaya bisa menyebabkan sakit perut. Kalau makan es krimnya sebuleng saya pikir wajar bakal merasa sakit perut dan bunghak. Tapi kan es krim yang saya kasih ke anak, saya yakini sehat, secara es ini saya sendiri yang buat. Saya kasih anak makan es krim pun gak semena-mena, cuma satu atau dua cup per hari gak lebih dari 40 ml. Itu pun kalau sudah sarapan. Nah terus masalahnya dimana?

Terkadang banyak juga yang termakan ucapan berbau mitos. Apalagi hidup bersama masyarakat di pedesaan yang (maaf) wawasan minim dan begitu mudah terpancing sebelum verifikasi dulu kebenarannya.

Saya bukan menentang omongan para sesepuh tapi lebih ke berpikir dan melihat realita saja. Bahwa makan es ya makan es. Urusan sakit perut atau musim hujan itu lain lagi. Yang penting memperhatikan aspek kesehatan. Gitu aja.

Baper juga rasanya lagi berjuang buat es krim untuk sample dan prop foto Proposal Wirausaha Baru Jawa Barat 2018 tiba-tiba ada yang menyengat di hati dan di jiwa (ealah…pakai2 bahasa puisi segala).

Tapi meski begitu saya yakin saja kalau sudah rezeki tidak akan kemana. Kalau sudah milik kita bagaimana pun caranya tetap itu rezeki tidak akan tertukar.

Meski dinyinyiri musim hujan gini malah buat es krim saya malah semakin tertantang dan semakin banyak ide yang bisa saya tuangkan dalam proposal sebagai syarat menjadi peserta Wirausaha Baru Jabar 2018 ini.

Niat baik sudah saya tekatkan dan usaha sudah saya jalankan. Tinggal menanti pengumuman semoga terpilih sebagai peserta dan saya akan mendapat pelatihan, sekaligus bimbingan jadi Wirausaha Baru Jabar 2018. Eh sekalian ah ya, mau mohon doa restunya dari semuanya ya. Amin…

Kadang tinggal di daerah yang masyarakatnya belum berpikiran maju itu masalah datang tidak dari hal besar atau yang rumit. Tapi justru dari pihak dekat dan masalah sepele. Mungkin ini namanya cobaan kalau mau berhasil (ciee… udah jumawa aja ah…)

Untung kalau lagi baper bawaannya lari ke ngeblog. Jadi ya bisa sekalian update dan nambah blogpost. Coba kalau lari nya ke Lapangan Gasibu, jibrug atuh saya secara sekarang ini hujan tidak henti-hentinya di luaran sana.

Jadi gimana dengan es krimnya? Saya dan keluarga makan habis saja.

#SatuHariSatuKaryaIIDN

11 Comments

  1. Rach Alida Bahaweres

    1 Februari 2018 at 2:03 pm

    Aku kalau musim hujan ya emang jarang sih mba makan es krim. Sukanya yang panas. Tapi kadnag kalau pengen ya makan aja

  2. Dian Safitri

    1 Februari 2018 at 2:40 pm

    Teh, justru kalau dingin bagusnya makan es krim. Aku dikasih tahu itu sama teman mamaku waktu lagi ke Seoul. Karena kan suhu tubuh kita menyesuaikan sama suhu di luar. Begitu kurang lebih penjelasannya.
    Aku pribadi tipe yang makan es krim kapan pun aku lagi mau. Sinus parah enggak membuat aku takut jajan es krim. Ada temenku yang sampai anti banget sama es krim karena takut flu. Kalau aku selama enggak dalam jumlah berlebih sih santai. Eh tapi aku pribadi kurang suka minum air dingin.

  3. Utie adnu

    1 Februari 2018 at 9:50 pm

    Memang ktny justru kbih baik mkn es teh okti trutama es krim,,, biar bs seimbang shu luar dan suhu tubuh

  4. Diyanika

    1 Februari 2018 at 10:05 pm

    Untuk anakku nggak ada aturannya sih, Mbak. Terpenting pas makan es krim itu tubuhnya lagi fit. Kalau sudah tahu kena flu ya pasti aku larang keras. Pas hujan kok dia fit terus minta es krim ya aku kasih.

  5. Faradila Putri

    1 Februari 2018 at 11:35 pm

    Aku kalau dingin makan es krim jadi pilek hehehe. Tapi kadang kalau lagi pusing darah rendah, obatnya cuman es krim. Aneh tapi nyata hehehe.

  6. Indira

    2 Februari 2018 at 7:58 am

    Mbak Oktiiiiii, kalo kita tetanggaan enak banget tinggal telpon yaaa mau beliiii. Sukaaa banget es griiim (orang Surabaya) hihihiii

  7. rizka edmanda

    2 Februari 2018 at 9:49 am

    aku banget nih, makin hujan makin doyan makan es… huhu

  8. Nova DW

    2 Februari 2018 at 5:17 pm

    Es krim oh es krim… Aku sih jarang ngabisin 1 potong, paling nyicip punya si kecil hehe

  9. Eni Martini

    2 Februari 2018 at 10:57 pm

    Kalau musim hujan anak-anakku otomatis jarang mengasup dingin sih, mungkin mereka ga nyaman ya,hehe. Tapi klo panas pasti deh ice cream dari yang branded sampai yang dua ribuan secontong kecil minta dibeliin

  10. Hastira

    3 Februari 2018 at 2:48 am

    wah gak apa2 ya, cuma memang kalau makan yg dingin saat hujan yang sensitif dengan perutnya memang suka bikin rada mules

  11. Buy College Essays

    27 Februari 2018 at 9:08 am

    Nice article. Thanks.

Leave a Reply